Analisis STPPDB Kotak-kotak Selain Jokowi-Ahok

By | 21:43 Leave a Comment
Masih inget kan Kotak-kotak Jokowi-Ahok? Kemeja kotak-kotak merah identik dengan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok). Sangking Identiknya, hampir terjadi beberapa orang yang datang saat pencoblosan dengan baju kotak-kotak dilarang untuk ikut mencoblos.

Itu kotak-kotaknya Jokowi-Ahok lho? Nah cuma sekarangkan jadi banyak calon-calon lain yang jadi ababil ikut-ikutan pake kotak-kotak juga. Di Daerah saya Tangerang, saya melihat banner partai gerinda yang memajang foto kadernya dengan baju kotak-kotak, hanya saja warnanya merah namun tidak semerah yang digunakan Jokowi-Ahok.

Melihat di televisi calon gubernur Jawa Barat dari PDI juga menggunakan kotak-kotak merah yang lebih menyala merahnya. Kalau saya sendiri secara pribadi sih, malah udah eneg liat kotak-kotak namun tidak kotak-kotak....hehe bingung gak ? ?

Dalam tulisan ini, ada sebuah alat analisis dengan beberapa elemen, antara lain: Segmentasi, Targeting, Positioning, Product, Differensiasi, Branding. Sebagai evaluasi bagi sikotak-kotak.

Segmentasi Politik
Coba di tengok segmennya apakah sama untuk wilayah Bandung dengan Jakarta?? aku tanya pada mister M, segmentasi itu meliputi Segmentasi geografi, demografi, psikografi, dan behavioral.

Segmentasi Gografi di jawa barat mewakili wilayah, kota, dan desa, bahkan asal. Karena masyarakat yang tinggal di Jawa barat belum tentu berasal dari jawa barat, namun kebanyakan warga Jawa Barat memang aseli Urang Sunda. Tentunya sangat berbeda dengan Jokowi-Ahok yang menggunakan kotak-kotak sebagai signal tampil nyentrik dan memaksudkan penyatuan segala perbedaan yang ada di Jakarta.

Masih inget gak, tahun 1998, beberapa tetangga anda meminjam perlengkapan sholat keluarga kita hanya untuk di pajang di depan rumah, bandingkan dengan sekarang!!! kebayang gak saat ini Jakarta di pimpin oleh suku yang pada beberapa tahun silam itu, terdiskriminasi.

Apa maksud kotak-kotak lain? Segmennya mana? gak keliatan chooiii..

Targeting Politik
Klo targeting, mungkin bisa dipilih kadernya saja, orang potensial, atau seluruh warga jawa Barat?

Postioning Politik
Mau dapet posisi bagaimana anda di benak pemilih, sangar berwibawa, murah senyum, atau rajin menabung???

Product Politik

Differensiasi Politik

Branding Politik

NB: Tulisan ini belum selesai, mohon maaf
Newer Post Older Post Home

0 comments: