Laptop Second, Baru Beli Dua Minggu Yang Lalu Mati Kesiram Kopi 'AjaiB'

By | 12:58 3 comments
"Panik" Saat Lenovo Thinkpad T400 yang baru dibeli dua minggu yang lalu mendadak mati, setelah beberapa menit sebelumnya tersiram kopi susu. Awalnya sih PeDe banget pas kesiram kopi, dengan sangat yakinnya laptop ini gak bakalan kenapa-napa, cuma jantung langsung berdetak rada kencang ketika tiba-tiba laptop mati beberapa saat kemudian.

Langsung di elap dengan kain yang telah dibasahi air untuk menghilangkan bekas-bekas kopinya. Namun, setelah dipencat-pencet tombol offnya tetap tidak mau menyala. Pengalaman dengan laptop yang lama si dell waktu kesiram kopi langsung blank, tetapi beberapa saat kemudian setelah kering bisa menyala. Tapi laptop Lenovo IBM Thinkpad T400 ini yang katanya tangguh kok gak mau nyala juga??

Langsung aja browsing cari solusinya, maklum emang beli second jadi gak punya buku manual, beberapa slot aneh yang ada di laptop ini-pun saya belum paham digunakan untuk apa.

Setelah browsing ada curhatan sekaligus tips yang ada di blog seorang bule, alamat blognya saya lupa. Ia mendapati Laptop Lenovo IBM Thinkpadnya tiba-tiba mati, kemudian Ia memanggil customer service dari IBM-nya. Ternyata sang servisman hanya melepas charger dan batrai menekan tombol power 10 kali dengan selang jeda 1 detik setiap mencetnya, dan di pencetan ke 11 tahan pencetan tersebut selama 30 detik, kemudian pasang kembali barai lalu pencet tombol power, "jreeng" Langsung nyala katanya.

Saya coba, karena laptop kesram air saat nongkrong bersama kawan di secret HIMATA, jadi makin tambah panik, karena yang lain pada ngira laptopnya rusak juga. percobaan saya yang pertama gagal, dan memutuskan untuk mencobanya lagi kembali nanti di rumah.

Karena tidak pulang-pulang akhirnya saya penasaran dan mencoba kembali, kali ini dengan menggunakan bantuan stopwatch yang ada di handphone agar lebih yakin jeda waktunya. Setelah mencoba kembali dan memasang batrai... TEREEEng...... T400 saya berhasil menyala kembali, WAW.... Bikin panik aja nih laptop.
Bagi anda yang mengalami Laptop Lenovo Thinkpad anda mati, berikut ini langkahnya:
1. Tenang jangan panik
2. Siapkan stopwach untuk perhitungan waktu
3. Copot batrai dan colokan charger (jika dalam keadaan tercolok di laptop)
4. Tekan tombol power sepuluh kali, dengan jeda 1 detik setiap pencetan.
5. Dipencetan ke sebelas, tahan tombol power selama 30 detik.
6. Pasang kembali batrai, dan pencet tombol powernya kembali :D

Kesimpulan saya mengenai kenapa laptop ini mati, kemungkinan karena laptop ini menjaga keamanan dari hard disk atau perangkat lain yang ada di dalam laptop ini, sehingga jika terjadi hal yang membahayakan, seperti terbanting, atau terkena air maka Laptop ini akan mematikan sistemnya.

Wahh... makin cinta deh sama Laptop jadul yang tetap tangguh dan elegan seperti om Bruce Willis ini..hehe
Newer Post Older Post Home

3 comments: