Cara Mengecek 32bit atau 64bit Pada Komputer Atau Laptop

By | 12:05 Leave a Comment
Sebenarnya tutorial atau artikel seperti ini sudah banyak sekali bertebaran jika kita mencari melalui mesin pencari google. Hanya saja, mulai sekarang saya berniat, setiap mendapatkan ilmu baru atau sebenarnya ilmu lama yang terlupakan, akan saya tuliskan kembali ke dalam blog ini.

Sebenarnya cara cek sistem operasi kita termasuk 32bit (x86) atau 64bit (x64) sangatlah mudah. Untuk di windows 7 sendiri ada beberapa cara, antara lain:
1. Cara simple dengan klik logo windows di pojok kiri, lalu klik kanan pada menu komputer dan pilih properties.
Nanti akan terlihat sistem 32 atau 64 bit-nya, dalam screenshot laptop saya, terlihat 64bit.
2. Cara lainnya dengan klik menu windows yang sama pada pojok kiri, lalu pada kotak search ketik run lalu tekan enter. setelah muncul kotak pencarian lain, ketikkan msinfo32.exe. Nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:
Selain kedua cara di atas. Sebenarnya masih ada beberapa cara lagi, baik langsung tanpa bantuan software maupun dengan bantuan software tambahan, seperti CPUZ.

Mengetahui 32 atau 64 bit cukup penting, terutama apabila kita ingin menginstall software baru di komputer/laptop kita. Tak masalah jika laptop kita support dengan 2 versi sekaligus. Pertanyaannya sekarang, Bagaimana cara mengetahui apakah komputer kita dapat menjalankan versi 64-bit Windows?

Untuk mengecek hal tersebut, hal yang perlu dilakukan antara lain:
  1. Buka [Performance Information and Tools] pada Control Panel. 
  2. Dari jendela [Performance Information and Tools] silakan klik [View and print detailed performance and system information] 
  3. Pada bagian System, Anda dapat melihat apa jenis sistem operasi yang sedang Anda gunakan dan apakah Anda dapat upgrade ke Windows versi 64-bit atau tidak dapat. 
Semoga dapat membantu. Happy Sharing.. :D, 

Newer Post Older Post Home

0 comments: