Search Engine Marketing | Pemasaran Mesin Pencari

By | 10:38 Leave a Comment



Apa itu Search Engine Marketing?
SEM (Search Engine Marketing) atau bahasa Indonesia pemasaran melalui mesin pencari adalah layanan dimana penyedia yang akan mempromosikan website klien melalui media mesin pencari. Perusahaan atau individu yang melakukan atau menawarkan layanan ini disebut pemasar mesin pencari. Secara teknis, pemasaran mesin pencari adalah salah satu dari banyak bentuk strategi pemasaran internet.

Namun, karena banyak perubahan di industri mesin pencari dan internet marketing, arti pemasaran mesin pencari perlahan menyimpang dari konteks aslinya. Perubahan dan definisi baru akan dibahas dalam bahasan berikut.

Sejarah Search Engine Marketing
Danny Sullivan merupakan salah satu pelopor pencetus istilah 'search engine marketing'. Dia adalah salah satu orang penting dalam industri mesin pencari dan situs informasi yang berkaitan dengan SEM seperti Search Engine Watch dan Search Engine Land.

Pemasaran mesin pencari dimulai sekitar pertengahan 1990-an. Selama waktu itu, mesin pencari masih di tahap awal. Pengembang mesin pencari telah melihat bahwa ada kesempatan untuk mendapatkan memperoleh penghasilan. Dan untuk menutupi biaya operasional layanan gratis mereka, mereka telah memulai pemasaran mesin pencari dalam bentuk membayar iklan per klik atau dalam bahasa inggris dikenal Pay-per-click ads.

Sekitar tahun 2007, komunitas internet marketing telah mengakui kekuatan membayar per klik program sebagai bentuk yang paling menguntungkan dari pemasaran mesin pencari. Google AdWords berfungsi sebagai bukti kuat dari pernyataan itu.

Pada saat yang sama, optimasi mesin pencari atau dalam bahasa populernya Search Engine Optimization (SEO) juga tumbuh dengan pesat. By the way, optimasi mesin pencari adalah proses atau metodologi yang digunakan untuk membuat situs web lebih terlihat di halaman hasil mesin pencari (tentunya halaman pertama). Konsep utama di balik optimasi mesin pencari adalah untuk membuat website muncul di SERPs (Search Engine Result Page's) secara alami atau organik.

Internet Marketing
Bersama dengan itu, strategi lainnya yang juga ramai ialah pemasaran sosial media (Social Media Marketing), pemasaran email, pemasaran rujukan, pemasaran konten, dan iklan asli. Semakin banyak pilihan seorang pemasar untuk melakukan strategi internet marketing pada saat ini.

Dua Raksasa Besar Mesin Pencari di Internet
Pada 2012, dua pemain terbesar atau vendor dalam pemasaran mesin pencari Google dan Bing. walau saat ini, yahoo juga telah merambah usaha ini, tetapi intinya adalah mereka memasarkan halaman pertama mereka kepada pelanggan untuk memasang iklan dengan melakukan penawaran terhadap kata kunci (keyword)

Bagaimana Seorang Ahli SEM dan SEO Menawarkan Jasanya?
Pada dasarnya, seorang ahli SEM menggunakan search engine optimization (SEO) untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Namun, tingginya tingkat persaingan membuat mereka juga harus melakukan strategi berbayar. Sehingga mereka dapat meningkatkan kemunculan website klien pada mesin pencari dan mengalahkan pesaingnya.
Newer Post Older Post Home

0 comments: