Begini Strategi dan Cara Buat Website Afiliasi

By | 10:16 Leave a Comment
Mungkin banyak yang bertanya-tanya, dari manakah seorang blogger mendapatkan penghasilan? Salah satunya adalah dengan memanfaatkan afiliasi pemasaran. Lalu, bagaimana cara buat website afiliasi?

Sebelum mempelajari langkah membuat website afiliasi, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian afiliasi pemasaran. Pembuat produk membutuhkan mitra untuk memasarkan produk mereka dengan memberikan komisi, jika mitra mampu mempromosikan dan menghasilkan penjualan. Nah, website afiliasi inilah yang bertindak sebagai mitranya. 
Inilah Langkah Memulai Website Afiliasi
Selama proses pembuatannya, banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan. Untuk itu, simak dengan saksama cara buat website afiliasi berikut ini.
1. Menentukan Niche Website
Sebelum membuat sebuah website, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan niche. Banyak blogger yang meraup banyak keuntungan dengan pemilihan niche yang tepat. Biasanya, blogger pemula melakukan kesalahan dalam pemilihan niche. Kesalahan inilah yang berakibat kegagalan di kemudian hari.
Pastikan niche sesuai dengan topik yang disukai. Dengan demikian, ke depannya tidak akan bosan membuat konten seputar tema tersebut. Nantinya, konten yang dibuat cukup banyak dengan waktu update yang terjadwal. Tujuannya, supaya website dinilai authority terhadap niche yang dipilih, sehingga pengunjung tidak akan ragu menggunakan produk yang dipasarkan.
Karena tujuan awal membuat website adalah mencari uang, tentu pikirkan matang-matang apakah niche tersebut dapat memberikan keuntungan. Jika memilih niche ini, adakah perusahaan yang bersedia bekerja sama? Pertimbangkan kembali apakah niche tersebut memiliki program afiliasi atau tidak. Jika tidak ada program afiliasi, tentu website tidak dapat bergerak sebagai mitra promosi produk.
2. Melakukan Riset Program Afiliasi yang Ada
Seperti yang dijelaskan pada langkah pertama, pastikan niche yang dipilih memiliki program afiliate. Cari tahu siapa saja yang menggunakan program afiliasi tersebut. Dari sini, dapat diukur apakah niche yang dibuat memberi keuntungan yang lumayan.
Jika sudah mendapatkan program afiliasi, perhitungkan berapa komisi yang akan didapat jika memulai kerja sama. Pastikan mendaftar diprogram yang menjanjikan. Bukan hanya itu saja, produk yang akan dipromosikan juga harus dilihat kualitasnya.
Mempromosikan produk yang relevan merupakan kunci dari menjalankan bisnis ini. Semakin bagus produk yang ditawarkan, semakin tinggi kemungkinan calon konsumen untuk membeli. Tentunya komisi yang didapat sesuai dengan target yang diharapkan.
3. Membuat Website atau Landing Page
Langkah selanjutnya adalah membuat halaman utama pada website untuk promosi produk. Buat halaman semenarik mungkin untuk menarik pengunjung. Buat pengunjung bertahan di laman tersebut, lalu berakhir menjadi calon konsumen.
Membuat landing page di zaman serba canggih seperti saat ini bukanlah hal yang sulit. Tidak perlu juga memiliki keterampilan koding, karena sudah ada bantuan site builder, dimana pembuatan website atau landing page menjadi lebih mudah.
4. Menyusun Rencana Program
Sama halnya dengan menjalankan bisnis pada umumnya, website afiliasi juga membutuhkan rencana. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah mulai membuat konten. Usahakan konten dibuat secara rutin, jadi buat target berapa konten yang akan dipost dalam satu minggu.
Untuk pemilihan kontennya adalah review, di sini afiliasi pemasaran mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan produk yang dipromosikan. Cara ini paling banyak digunakan dan sudah terbukti banyak memberikan pemasukan website afiliasi.
Posting artikel yang membahas tentang isu-isu yang terkait dengan produk tersebut. Misalnya, mempromosikan produk perawatan kuit, maka buat blog tentang masalah kulit yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Lihat competitor, seperti sosial media untuk mencari tahu topik apa yang sedang banyak diperbincangkan. Ini bisa menjadi ide untuk pembuatan konten selanjutnya.
5. Tingkatkan Traffic
Setelah langkah pertama hingga langkah keempat terlaksana. Saatnya meningkatkan traffic website. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan traffic. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menaikan traffic website. Pertama menggunakan traffic berbayar, sedangkan yang kedua menggunakan traffic gratisan.
Sebagian besar pemula menggunakan opsi kedua. Bagaimana cara menaikkan traffic tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun? Promosikan website atau konten di media sosial. Bisa juga menggunakan email marketing, media ini sangat penting bagi afiliasi marketing.
6. Mempromosikan Link Afiliasi
Selama melakukan promosi konten, sebaiknya juga melakukan promosi link afiliasi. Pasang banner ads di website untuk mempromosikan link afiliasi. Umumnya, program afiliasi akan menyediakan banner bagi website yang mempunyai traffic tinggi.
Apabila traffic belum tinggi, bisa memasukan external link pada konten. Ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh blogger pemula. Seperti yang sering terlihat pada beberapa blog yang terdapat beberapa link di setiap kontennya.
Website afiliasi salah satu cara yang dapat dipilih sebagai alternatif mencari penghasilan tambahan. Bisnis ini juga bersifat jangka panjang, karena e-commerce terus mengalami peningkatan yang pesat setiap tahunnya. Jadi, promosi melalui media online tetap berjalan. Demikian itulah cara buat website afiliasi yang mudah dipelajari untuk pemula. Yuk, coba sekarang juga!
Older Post Home

0 comments: