Pemasaran dan Marketing adalah

By | 13:35 Leave a Comment
branding, pemasaran, penjualan, iklan
Pagi-pagi bangun tidur dibangunin sama alarm handphone nokia [Kenapa Handphone lw nokia, kenapa gak yang lain]. Bangun tidur kekamar mandi sikat gigi pake pasta gigi pepsodent [kenapa pasta giginya pepsodent, kenapa gak pake batubata yang dialusin aja], sampoan pake sunslik sabunan pake lux. sambil pake baju polo semprot srot-srot pake axe sama pake rexona.

Berangkat kampus Naek Supra fit 125, di jalan liat bis gede ada tulisannya "Smartfren anti lelet", sbelum sampe kampus gak lupa isi pulsa Im3 sama esianya. Sampe kampus karna waktu masih panjang nongkrong dulu dah belu kapal api sama samsu sambil buka keluarin asus buka yahoo buat cek email.

Nah, dari dua paragraf diatas udah ketahuan apa belom apa itu pemasaran dan kenapa sih pemasaran itu penting?

Ceritanya kemarin lagi ngobrol sama temen2 di salah satu perusahaan di tangerang, dia nanya "bang planktonz emang ambil jurusan apa" gw jawab "pemasaran", "wah berarti jualan dong". Ya gw senyum aja, kalo gw jelasin bedanya jualan sama pemasaran sama dia tar obrolannya jadi akademis teoritis n gak asik lagi dah.
Bold
Dari cerita itu makannya gw mau jelasin apa itu bedanya pemasaran sama penjualan. Sebenarnya sederhananya sih penjualan itu termasuk salah satu tujuan dari aktivitas pemasaran. Kebayang gak dari pernyataan sederhana tersebut kalau pemasaran tuh lebih luas dari sekedar penjualan.

Kalo dipakein teori jadi gini nih :
"Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pemebeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan, 1991)", sedangkan pemasaran :
American marketing Association (AMA) mendefinisikan pemasaran sebagai fungsi dari organisasi dan sekumpulan proses untuk menciptakan dan menyampaikan nilai kepada pelanggan demi untuk membina hubungan dengan pelanggan melalui cara yang saling menguntungkan
Perbedaannya kalau penjualan itu sebatas yang penting produk laku n bisa jadi uang, tapi pemasaran tuh bersifat lebih menyeluruh antara hubungan pelanggan dengan perusahaan, dengan tujuan akhir keuntungan bagi perusahaan maupun bagi pelanggan.

Bedanya pemikiran seorang peasar dengan seorang penjual tuh gini :
Penjual :"gimana caranya biar barang ini cepet laku"
Pemasar:"apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan, apa sebenarnya yang dibutuhkan pelanggan, bagaimana caranya supaya pelanggan merasa puas"
Untuk mengetahui definisi pemasaran tahun 2012, silahkan baca artikel ini :

Newer Post Older Post Home

0 comments: