Kerennya SOPA Blackout Day

By | 04:35 Leave a Comment
Trending topic di twitter saat ini sedang ramai membahas permasalahan SOPA #stop SOPA. SOPA adalah stop online piracy act, sebuah undang-undang yang sedang digodok oleh pemerintah Amerika tentang anti pembajakan dalam dunia online.

Situs-situs besar seperti, google, wikipedia, reddit, BoingBoing, firefox, metafilter, wordpress, dan masih banyak lagi yang lainnya melakukan protes besar-besaran terhadap undang-undang ini, jika nantinya akan memperumit aktivitas dan kebebasan di Internet.

Wikipedia inggris pada hari rabu telah menutup sementara situsnya, aksi ini sebagai protes terhadap undang-undang tersebut, inggris akan merasakan beberapa hari tanpa ensiklopedia babas tersebut.

Bayangkan Sebuah Dunia Tanpa Pengetahuan Bebas selama lebih dari satu dekade, kami menghabiskan jutaan jam menyusun ensiklopedi terbesar dalam sejarah manusia.

Dalam RUU ini, memang akan diatur pelarangan juga penutupan penjualan hasil pembajakan, baik itu film, musik, dan benda lain. Caranya, sejumlah perusahaan internet akan dipaksa untuk menutup akses ke situs yang dianggap melanggar hukum tersebut. Para pendukung aturan ini menganggap aturan ini tidak akan berdampak besar terhadap sejumlah situs berbasis di AS.

Jaringan advertising juga akan dipaksa untuk menghentikan online advertising. Kemudian, mesin pencari akan diatur agar tak memiliki tautan ke situs yang dianggap mendistribusikan hasil pembajakan.

Google berulang kali menyebut aturan ini terlalu jauh mengatur dan bisa merusak investasi mereka. Selain Google, Yahoo, Facebook, Twitter, dan eBay juga sudah membuat iklan di sejumlah koran besar untuk memaksa pembuat kebijakan di Washington berpikir ulang akan aturan ini.

Beruntung sampai sejauh ini, situs besar yang bereaksi keras diketahui baru Wikipedia dan WordPress. Situs lainnya yakni Google, Facebook, Twitter dan Tumblr dilaporkan tidak ikut-ikutan melumpuhkan layanannya meski mereka juga tidak setuju UU itu.

Newer Post Older Post Home

0 comments: