Marketing 3.0 Laris di Negara Asia #4

By | 08:33 Leave a Comment
"Marketing adalah urusan ‘horisontal’ pada orang lain. Marketing 3.0 adalah ‘horizontal marketing’—sebuah konsep pemasaran yang punya dasar-dasar baik pada orang lain. Seperti yang diajarkan Nabi Muhammad. Ternyata memang benar-benar Rahmatan Lil Alamin. Dari Islam untuk seluruh Umat di Semesta Alam."

"Teman saya Profesor Komaruddin Hidayat yang Rektor UIN Sharif Hidayatullah mengatakan pada saya bahwa di Islam, Sufi merupakan tingkatan yang tertinggi. “Kalau sudah sampai di situ, yang ada cuma PEACE and LOVE,” kata beliau pada saya. Padahal ringkasan dari Injil, hanya Faith, Hope , Love.

Benang merahnya ternyata ada di LOVE yang harus di wujudkan secara vertikal pada Sang Pencipta dan umat manusia bagi agama Samawi. Sedang buat orang Buddha, ada kewajiban mencintai orang lain secara horisontal supaya bisa punya kehidupan spiritual vertikal yang makin baik."

Intinya dari tulisan Hermawan Kartajaya yang judulnya kurang lebih mengatakan bahwa Bhutan di anggapnya sebagai tempat terindah di dunia adalah Spirit 3.0 nya tidak di-backup oleh suatu ‘faith’ atau ‘belief’ tertentu. Di Bhutan, Buddhisme yang resminya adalah agama negara, tapi lebih merupakan ‘way of life’ makin dijadikan sistem GNH. Hermawan Kartajaya menemukan jawabannya kenapa buku Marketing 3.0 juga best seller di negara-negara Asia Timur.
Newer Post Older Post Home

0 comments: