Marketing 3.0 dan Portugal #5

By | 09:26 Leave a Comment
Sedikit Tentang Portugal :

"Selanjutnya, tentang Marketing 3.0, saya tekankan pentingnya sebuah negara yang sedang krisis ‘balik’ ke Human Spirit. Tapi, saya juga mengikuti pesan Rui sebelumnya. Walaupun mayoritas orang Portugal itu resminya Katolik, tapi jangan bicara terlalu banyak tentang agama. “They will not buy your message, if you talk too much about Christianity."

Dan, Message kinjungan menjadi pembicara Hermawan Kartajaya di Portugal :

"Di zaman yang serba transparan ini, memang tidak ada yang bisa disembunyikan dari customer. Sekali aja sebuah brand berbuat curang ke customer dan tersiar di Internet, maka susah sekali menghapusnya!

Tidak seperti di zaman media konvensional, di mana customer tidak bisa melihat file. Karena itulah,di Barat saya juga mengatakan saya bukan ahli agama yang sifatnya vertikal. Marketing 3.0 hanya ‘ngurusin’ aspek hubungan Marketer dan Brand dengan customernya yang bersifat horisontal.

Ekstrimnya, “I don’t care wether you are a believer or non-believer.The Point is please be honest to your customers.Don’t cheat them.“ Di Marketing 3.0, saya memang hanya bicara aspek ‘minanas’ atau horisontalnya aja. Karena itu, konsep ini jadi sangat universal justru di era Internet ini."


Newer Post Older Post Home

0 comments: