Perbedaan Segmen dan Komunitas #34

By | 09:07 Leave a Comment
Perbedaan antara Segemen dengan komunitas sangat terlihat pada penciptanya dan dalam hal terbentuknya. Jika segmen merupakan penentuan yang dilakukan oleh pemasar dalam menentukan sasaran untuk produknya, sedangkan komunitas terbentuk karena adanya kesamaan minat atau hal lain yang dimiliki beberapa orang sehingga menciptakan sebuah rasa kekeluargaan atas dasar persamaan.

Hal yang menarik adalah, dalam sebuah segmen antara orang yang satu dengan yang lain walau dalam kategori satu segmen, mereka belum tentu dapat melakukan interaksi namun jika dalam komunitas antara anggota yang satu dengan anggota yang lain pasti selalu melakukan interaksi baik secara langsung maupun menggunakan media komunikasi.

Terkadang orang akan merasa tidak senang apabila ia dimasukkan kedalam segmen tertentu. Beda dengan komunitas yang memang ada karena beberapa orang yang memiliki kesamaan.

Pemasar harus merubah cara pandangnya, yang sebelumnya memetakan segmen dengan cara vertikal, melihat dari atas, kini pemasar harus menjadi sahabat bagi pelanggannya, menjalin hubungan secara horizontal.

Hal yang paling penting bagi pemasar jika ingin membuat komunitas janganlah sampai para anggota terlihat seperti korban saja, karena setelah masuk ek dalam komunitas yang ada hanya penawaran-penawaran barang dan event yang harus merogoh kocek, tetapi kesamaan mereka dalam kebersamaan komunitas terabaikan. Hal ini sudah saya tulis dalam tulisan sebelumnnya dengan judul Segmentasi Is a Bullshit Communitizatioon, silahkan membaca lebih lanjut.
Newer Post Older Post Home

0 comments: