Evolusi Belanja Online Dari Tahun 60-an ke 90-an

By | 11:56 5 comments
Setelah kemarin saya menulis tentang Sejarah Perkembangan Iklan Online, kali ini saya akan mengupas evolusi belanja online di dunia dari tahun 60-an sampai ke tahun 90-an. Tulisan ini akan membantu sekali bagi anda yang sedang mencari sejarah perbelanjaan online di dunia.

Tahun 1960
EDI (Electronic Data Interchange) memungkinkan perusahaan untuk melakukan transaksi elektronik. Meskipun konsep eCommerce pengguna internet individu sampai era tahun 1990-an namun beberapa pemain besar telah mulai menggunakan EDI sedini 1960. Industri kereta api adalah di antara yang pertama untuk memahami pentingnya EDI dan mulai menggunakannya.

Tahun1979
Tahun 1979 ketika Michael Aldrich berada di jalan di supermarket dengan istrinya. Tiba-tiba, ia menemukan sebuah ide yang mengubah itu semua untuk membuat eCommerce. Aldrich menghubungkan TV domestik dan komputer dengan saluran telepon sehingga untuk mulai menjual bahan makanan online melalui model ini. Bagaimana mereka mampu mengatasi berbagai situasi adalah cerita yang berbeda sama sekali, hanya saja menreka tidak menemukan konsep yang terbaik untuk berbelanja online pada saat itu.

Tahun 1981
PDF pertama yang digunakan untuk brosur, Itu adalah tahun 1981 ketika Thomson Holidays mengambil 66 agen perjalanan dari seluruh Inggris dan menyatukan kedalam sebuah brosur untuk tawaran perjalan wisata, hal ini ditandai sebagai belanja pertama B2B (Business to Business) secara online. Agen ini mampu mengekstrak data secara online dan memahami apa yang tersedia dari Brosur Thomson untuk melayani pelanggan langsung.

Tahun 1982
Ini adalah tahun untuk Perancis untuk menuliskan namanya di buku sejarah. France perusahaan yang berbasis telekomunikasi diciptakan Minitel yang telah dianggap sebagai layanan pra-WWW. Bahkan selama pengguna bayi tahun perusahaan mempunyai hak untuk melakukan pembelian secara online, cek direktori telepon, chatting dengan satu sama lain dan berbagai pencarian dasar lainnya.

Tahun 1984
Jane Snowball telah ditandai sebagai pembelanja rumah pertama pernah ketika pada usia 72 ia menjadi pelanggan Tesco. Itu adalah tahun 1984, ketika dunia B2C (Business-to-Consumer) sistem belanja online diluncurkan oleh Tesco. Sistem belanja online memulai konsep Keranjang Belanja Online yang kemudian berganti nama Trolley Belanja Online.

Juga, Pada April 1984 ketika CompuServe mengumumkan Mall Elektronik yang hampir seperti eCommerce hari ini.

Tahun 1987
Selanjutnya adalah Merchant Account yang diluncurkan pada tahun 1987 yang membantu pengembang perangkat lunak menjual produk software mereka secara online. SWREG adalah nama untuk perangkat tersebut dan itu terjadi menjadi salah satu bagian tertua dari perangkat lunak yang masih tersedia.

Tahun 1990
Tahun yang menandai peluncuran browser web pertama. Nama browser adalah WorldWideWeb yang kemudian berganti nama menjadi Nexus sehingga untuk menghindari kebingungan yang jelas. Nexus juga menjadi editor untuk programmer yang kode website. Selama hari-hari Nexus seharusnya menjadi media hanya untuk mengakses internet dalam format grafis. Bahwa browser ini diluncurkan untuk publik dengan menggunakan newsgroup internet sebagai media komunikasi. Ini akan membantu Anda memahami bahwa sistem komunikasi (di Internet) dari hari-hari itu tidak sebesar seperti saat ini.

Tahun 1991
NSFNET menjadi tulang punggung dari internet pada awal tahun, tapi NSFNET tidak menyediakan untuk penggunaan komersial. kemudian pada tahun 1991 ketika NSF (National Science Foundation) membuka jalan untuk penggunaan komersial NET. Hal ini dianggap menjadi dorongan besar bagi industri eCommerce dan pertumbuhan masa depan. Statistik menyatakan bahwa lalu lintas di jaringan tulang punggung NSF melonjak menjadi lebih dari 1 triliun byte per bulan di tahun 1991 setelah dibuka untuk penggunaan komersial. Pada tahun 1996 ada lebih dari 10 juta host online dan internet sekarang menjadi fenomena global.

Selain itu, tahun 1991 University of Minnesota meluncurkan "gopher", pertama point-and-click berbasis browser yang dapat digunakan untuk menavigasi file di Internet. Pada saat ini telah ditandai sebagai kelahiran internet. Gopher awalnya dirancang untuk memudahkan komunikasi di kampus.

Tahun 1992
Sebuah buku berjudul "Future Shop: Bagaimana teknologi baru akan mengubah cara kita berbelanja dan apa yang kita beli" diterbitkan pada tahun 1992. Buku ini dianggap revolusioner mengingat fakta bahwa hal itu berbicara tentang apa yang akan terjadi di masa depan eCommerce dan bagaimana Internet akan terbentuk.

"Snider dan Ziporyn (penulis buku) menggambarkan jalan raya masa depan, yang tidak hanya akan menguntungkan konsumen tetapi juga akan memberikan kesempatan fantastis untuk sekolah, rumah sakit, bisnis, dan Amerika rata-rata saat kita memasuki Era Informasi abad ke-21 "-. Conrad Burns, Ketua Sub-komite Senat Komunikasi AS.

Tahun 1994
Netscape meluncurkan sertifikat enkripsi yang menjadi sarana dipercaya transmisi data melalui Internet. Sertifikat memberikan browser kesempatan untuk mempercayai sumbernya sebelum menampilkan data dan berbagi informasi pribadi. Seperti sertifikat SSL seperti yang kita kenal pada saat ini.

Tahun 1994 juga ditandai peluncuran Yahoo! meskipun domain telah didaftarkan kemudian pada tahun 1995. Ini benar-benar membuka jalan Internet dan eCommerce arah yang sama sekali baru.

Tahun 1995
Itu adalah tahun 1995 ketika NSF mulai pengisian biaya untuk mendaftarkan nama domain. Pada saat itu Internet memiliki 12.000 nama domain yang terdaftar dan jumlah itu melonjak menjadi lebih dari 2 Juta dalam 3 tahun ke depan.

18 Januari 1995 adalah hari ketika domain Yahoo.com didaftarkan. Yahoo Kata adalah singkatan untuk "Yet Another Hierarchical Oracle mencampuri urusan orang."

Kita harus memahami bahwa sekarang banyak layanan lain yang nantinya akan mendominasi web telah mulai muncul. Beberapa ini adalah Amazon, AuctionWeb (yang kemudian menjadi eBay) dan Verisign dll

Tahun 1998
PayPal muncul pada tahun 1998. Sistem PayPal saat ini yang kita lihat sebenarnya adalah penggabungan X.COM, sebuah perusahaan jasa keuangan tahun 2000-an, dan Cofinity yang kebetulan pembayaran dan perusahaan kartografi. Itu adalah tahun 1998 hanya ketika Google memasuki dunia eCommerce dan Yahoo! meluncurkan Yahoo! Toko online.

Tahun 2000 dan Seterusnya
Seperti yang mereka katakan, setelah Google mencetak sejarah. kemudian sejarah-sejarah baru bermunculan.

Saat ini tidak hanya sekedar sebuah toko saja yang dapat membuat toko dan bertransaksi online. Individu-pun pada saat ini dapat melakukan penjualan, pembelian dan aktivitas ecomercenya secara individu dengan menggunakan jejaring sosial pribadi mereka.

Konsep ini merubah transaksi yang dahulu hanya B2B, B2C, dan kini merambah menjadi C2C.


Newer Post Older Post Home

5 comments: