Jepang Menjajah Indonesia Dengan Tentara dan Menjajah Amerika Dengan Produknya

By | 08:09 1 comment

Honda adalah salah satu contoh perusahaan Jepang yang berhasil melakukan ekspansi pasar ke luar negeri. Salah satu keberhasilannya adalah ekspansi ke pasar Amerika. Pada tahun 1969, Honda berhasil menjadi produsen sepeda motor terbesar di Amerika.  Namun Honda belum pernah memasarkan produk mobilnya di pasar ini. Pada masa itu, di markas besar Tokyo beberapa petinggi Honda melakukan riset dan penjajakan untuk memasuki pasar Amerika.

Rencana ini berhasil, pada tahun 1980 an Honda menjadi produsen mobil terkenal di Amerika, dan pada tahun 1989 Honda Accord menjadi mobil terlaris di Amerika pada saat itu. Hal ini cukup mengejutkan mengingat perusahaan mendongkrak penjualan dari awalnya 0 hingga dapat menjual 717.000 unit dengan cepat. Pencapaian ini adalah kombinasi dari inovasi teknologi, komitmen, perencanaan yang matang, penerapan strategi marketing dan pemasaran yang konsisten sekaligus fleksibel.

Mulai dari awal, filosofi pemasaran Honda adalah berusaha menekankan dimana perusahaan menyediakan produk dengan tingkat efisiensi tinggi dengan harga yang rasional. Perusahaan juga berusaha meningkatkan kepuasan konsumen  melalui produk dan pelayanan. Honda memiliki ambisi dan keberanian untuk mengembangkan ide baru, menghadapi tantangan, dan merespon dengan cepat pada tantangan dan peluang. Pada tahun 1969, Honda memiliki target ambisius untuk mengembangkan mobil kelas dunia. Honda ingin menjadikan dirinya sebagai faktor penggerak industri otomotif.

Pada waktu itu, 88 persen penjualan industri otomotif datang dari Detroit. Sebagian besar mobil yang diimpor pasar Amerika saat itu datang dari benua Eropa. Honda adalah pelopor produsen otmotif Jepang yang masuk ke Amerika baru diikuti oleh Datsun (sekarang Nissan), Mazda, dan Subaru. Popularitas VW Beetle saat itu mengindikasikan bahwa terdapat permintaan dari pasar untuk mobil kecil di Amerika. Pada tahun 1970-an, Honda memperkenalkan produk pertamanya untuk pasar Amerika namun kurang mendapat tanggapan yang baik. Kemudian pada tahun 1973, Honda memperkenalkan “mobil dunia” nya yang dinamakan Honda Civic.

Meskipun Honda Civic mendapat respon yang baik di media dan publik Amerika, produk ini dinilai masih terlalu kecil untuk dipasarkan. Namun saat itu, harga minyak meroket sehingga konsumen mencari mobil yang irit bbm. Honda memanfaatkan momen ini dengan baik dan akhir tahun 1974, Honda Civic berhasil terjual sebanyak 43.000 unit. Tidak lama setelahnya Environmental Protection Agency (EPA) menetapkan standar untuk emisi kendaraan. Honda Civic berhasil memenuhi semua standar tersebut dan bahkan didaulat menjadi mobil paling efisien dengan harga terendah di Amerika. Honda menanggapinya dengan meluncurkan program promosi yang menekankan Honda Civic adalah mobil yang ekonomis. Hasilnya lebih dari 100.00 unit produk terjual.

Beberapa tahun kemudian Honda mengadakan riset pasar pada konsumen di Amerika. Ternyata pada saat itu, terdapat pergeseran kembali perilaku dan preferensi konsumen. Setelah isu harga bensin dan energy telah terlewati, konsumen lebih mementingkan kualitas, ruang yang lega, kinerja yang baik, dan kenyamanan dalam berkendara. Honda merancang produk sesuai dengan permintaan pasar dan pada Juni 1976 Honda mengeluarkan produk yang selama bertahun-tahun menjadi produk paling populer perusahaan, Honda Accord.

Artikel ini diadaptasi dari buku Advertising: Principles and Practice karangan William Wells, John Burnett, dan Sandra Moriarty
Newer Post Older Post Home

1 comment:

  1. Nama:Teddy Liza
    status perkawinan: janda
    jumlah pinjaman:3.6 miliar rupiah
    tempat tinggal saya:. Palangkaraya
    email ku:::teddyliza2020@gmail.com
    kesaksian yang memotivasi saya whatsapp :;l+ 6281617538564
    tujuan pinjaman saya :Investasi / hutang

    Halo semuanya, sekarang dari (bahasa Indonesia [baˈha.sa in.doˈne.sja])/Malay, . Saya seorang janda dengan dua anak dan sejak Februari 2019 karena kebakaran dalam bisnis yang membanjiri bisnis saya dan saya mencoba mencari pinjaman dari bank saya, bank mengatakan dengan saya memiliki kredit buruk sehingga saya mencobanya dengan pemberi pinjaman lain di mana saya bodoh. Tetapi seperti yang Tuhan kehendaki, saya membaca kesaksian AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM di majalah bisnis, yang membantu bisnis dan individu dengan pinjaman besar. Saya mengajukan permohonan dan saya telah menerima pinjaman 3,6 miliar rupee dengan tingkat bunga sangat rendah 1% dan rencana pembayaran yang lebih baik. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa ada banyak scammer di sini. Ambil permintaan peminjam untuk biaya asuransi, Peminjam tidak memiliki sertifikat bisnis, Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman, peminjam Palsu tidak memiliki alamat kantor fisik. Peminjam palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya pajak, peminjam Palsu tidak memiliki situs web. Jika Anda mencari pinjaman, selalu minta pemberi pinjaman untuk situs webnya, karena banyak pemberi pinjaman palsu tidak memiliki alamat dan situs web. Jika Anda menginginkan pinjaman yang sah,Sukses hanya datang bagi mereka yang percaya pada diri mereka sendiri dan siap untuk menang. Saya tidak mengharapkan apa pun selain yang terbaik untuk Anda. Beralih ke tahap baru dalam hidup bisa menjadi proses yang menantang. Semoga Anda beruntung dalam semua upaya masa depan Anda, Anda akan menjadi hebat. ajukan sekarang.

    Aasimaha adila ahmed kontak pusat aplikasi pinjaman
    E-mail**aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    Whatsapp *********^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^+ 447723553516

    ReplyDelete