Menentukan Sekala Prioritas

By | 09:30 Leave a Comment
Sudah dari SMA padahal kenal sama bukunya Stephen Covey "7 Habits of Highly Effective People" Yang dalam salah satu pembahasannya memberikan tekhnik pengelolaan waktu, dengan membuat 4 kuadran manajemen waktu.

Aktivitas yang secara umum dapat dibagi dalam dua kelompok : pertama kegentingan (urgensi: mendesak & tidak mendesak) dan kepentingannya (importansi : penting & tidak penting).

Kegentingan merupakan kapan suatu aktivitas waktu perlu diselesaikan, jika harus saat ini disebut genting, jika bisa nanti dianggap tidak genting. Sub kelompok ini ada dua genting dan tidak genting.

Kepentingan merupakan seberapa besar hasil atau makna suatu aktivitas perlu dijalankan, jika mendapatkan hasil besar atau sangat bermakna maka disebut aktivitas yang penting lainnya aktivitas tidak penting. Sub kelompok ini ada 2 penting dan tidak penting.

Perpaduan diantara kegentingan dan kepentingan maka akan diperoleh 4 kuadran manajemen waktu :

Kuadran Pertama : Penting dan Genting/mendesak
Kuadran Kedua : Penting dan tidak genting/tidak mendesak
Kuadran Ketiga : Tidak Penting dan mendesak/genting
Kuadran Keempat : tidak penting dan tidak mendesak/tidak genting
Desain blog.autada.com adaptasi dari 4 kuadran manajemen waktu S. Covey
Sayangnya saya sejak mengenal kuadran tersebut, tidak konsisten untuk terus mempraktekkan dengan mencatat dan mencorat-coret semua kegiatan saja. Hanya sekedar angot-angotan, alais hangat2 tahi ayam. Jadinya tetap semua kembali ke posisi berantakan, selalu ada pengalih kegiatan, yang sebenarnya kegiatan tersebut tidak penting dan tidak mendesak.

Membaca buku Stephen Covey "7 Habits of Highly Effective People" Belum tentu dapat menjadikan anda seorang yang super efektif, kemauan, konsisten, dan komitmen dalam diri untuk menggapai impian kita lah yang sebenarnya menajadi bahan bakar dari 4 kuadran tersebut agar terus melaju pada posisinya.

Semoga kita semua dapat menjadi orang-orang efektif yang dapat bermanfaat bagi yang lainnya.
Newer Post Older Post Home

0 comments: