Biografi Singkat Pidi Baiq

By | 22:31 3 comments
happy salma, pidi baiq, the panas dalam-Tebak saja sendiri mana yang poto pidi baiq?(kanan atau kiri), yang pasti si akang pidi baiq, lagi poto sama atris-

"Laut adalah kumpulan air yang sangat banyak, menampilkan warna langit, berombak bila dianginkan, di atasnya banyak perahu, di dalamnya banyak ikan, karang, rumput dan katanya di sana hidup Deni Si Manusia Ikan"
"Langit adalah tempat yang harus dilihat dengan cara tengadah"
"menurut pendapat saya, bumi ini bulat, tidak usah disangkal lagi karena kamu juga kan sudah tahu"

Kalau teman-teman bertemu dengan seorang Pidi Baiq dan bertanya siapa kamu kepadanya, beliau belum pasti akan menjawab "saya adalah seperti yang saya lihat di cermin"

Pidi Baiq adalah seorang seniman yang punya banyak kelebihan. Selain sebagai seorang musisi dan pencipta lagu, ia juga seorang penulis, ilustrator, pengajar dan komikus. Dan ternyata saya masih belum siap dan belum kuat untuk menulis hanya sekedar biografi singkatnya. karena memang beliau juga tidak mengetahui siapa dirinya. Hanya dia yang ada dicermin kaca pada saat ia mengaca.

Beliau ini Kurang ajar! Selalu saja dia punya cara, untuk bisa membuat aku mencintainya. Merepotkan”.

dicuplik dari kitab Al-Asbun karya Pidi Baiq, ada beberapa ‘sabda’ yang telah ‘menampar’ kita dengan tawa, ini merupakan kecerdasan lain dari pemikiran unik seorang pidi yang selalu berpikir out of box dan berguna bagi kita

“pada awalnya cinta itu sesungguhnya bisa melihat, sebelum lalu menjadi buta karena kemudian dia turun ke dalam hati”

“jika aku tidak yakin masuk surga, aku akan keluar dari agama yang aku yakini”

“hendaknya engkau jangan seperti domeh, dia adalah orangnya, kalau jadian makan-makan, putus cinta minum-minum”

“engkau meminta kepada Nya agar dia melindungi dirimu, engkau sendiri tidak pernah melindungi orang lain. engkau meminta kepada Nya agar Dia menyayangi dirimu, engkau sendiri tidak pernah menyayangi orang lain. engkau meminta kepada Nya agar dia memberi engkau rezeki, engkau sendiri tidak pernah memberi rizki kepada orang lain”

“dengar bahal, sayangilah orang yang berada pada satu antrean dibelakangmu, karena sesungguhnya dia pun berharap engkau selalu dapat giliran”

“bahal, dengarlah olehmu, sekikir-kikirnya manusia, dia tetap akan memberi makan dan minum kepada toilet”

“kalau tuhan menampakkan diri Nya, maka tuhan tidak adil karena orang buta tidak bisa melihat Nya

“jalan lurus itu adalah jalan yang mengabdi kepada tuhannya, itu sebabnya untuk memberi tahu jalan lurus di papan penunjuk jalan, panahnya menunjuk ke arah atas”

“jangan kalian bersedih karena sesungguhnya kita lahir dari orangtua kita yang bersenang-senang”

Sungguh tulisan ini saya ambil dari mana-mana, sampai bungung mau nulis biografinya, ada keinginan untuk menulis biografinya yang ada pada sampul kaset panas dalam, tapi kasetnya sudah tertumpuk, Ingin menulis biografinya dari buku-buku dewa mabuknya. tapi tak sanggup saya menatap sebentar beberapa kitab itu. Padahal kemalasan saya sudah berada diujung tanduk. sabar para pembaca, silahkan cari sendiri sang Pidi Baiq itu.


Newer Post Older Post Home

3 comments:

  1. yah saya kira benean biografinya mas :)) hehe ditunggu biografi aslinya..

    ReplyDelete
  2. Kata-katanya menyayat hati banget ya. Hehe..
    Si ayah Pidi emang sosok unik dgn pemikiran unik pula. Saya juga memiliki tulisan sejenis di blog pribadi saya. Thanks for sharing

    ReplyDelete