Google ke Indonesia, Peluang Bagi Para Pemasar

By | 09:56 Leave a Comment
Kabar dari beberapa media menyebutkan bahwa Google menargetkan akan membuka kantor di indonesia hingga penghujung 2012, keseriusan ini dibuktikan dengan bertandangnya Executive Chairman Google, Eric Schmidt ke Indonesia dan bertemu dengan Wakil Presiden Boediono di Kantor Wapres. Jumat (22/7/2011).

Google Inc. Menargetkan pertumbuhan iklan mereka di Indonesia bisa meningkat 10% setiap tahunnya dengan pangsa pasar usaha mikro, kecil dan menengah sebagai target utamanya. Meskipun angka pertumbuhan tersebut terlihat kecil tetapi karena yang disasar adalah sektor usaha mikro, kecil dan menengah maka volume jumlah unit usaha tersebut sangat besar.

Sebagai bagian dari upaya perluasan jaringan kerjanya di Indonesia, Google menargetkan kerjasama dengan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Seperti diberitakan kompas.com. Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat menjelaskan, Google ingin mengembangkan bisnis lewat pengembangan platform yang berfungsi menghubungkan usaha kecil menengah di Indonesia dengan pembeli dari luar negeri. Ini seperti yang sudah dilakukan Google di China. Bagi Google, ini penting untuk menambah pemasukan dari advertising.

Kita semua tahu bahwa membangun usaha di indonesia secara merata membutuhkan penyediaan infrastruktur yang memadai, apalagi sarana koneksi internet yang boleh dikata belum dapat di nikmati secara maksimal di seluruh Indonesia. Seperti yang dikatakan Schmidt,” Indonesia menghadapi masalah karena negara ini memiliki sekira 79 ribu pulau. Jadi cara terbaik untuk mengatasi masalah isolasi antar pulau adalah memastikan mereka terkoneksi dengan internet.” (Okezone.com)

Lebih lanjut okezone.com juga memberitakan bahwa Schmidt mengaku optimistis mendapat dukungan pemerintah terkait rencana ekspansi Google ke Indonesia. “Pemerintah Indonesia melihat kami sebagai investasi positif, karena kami akan merekrut orang dan memiliki operasi bisnis di sini,” paparnya

“Selain itu, kami juga fokus terhadap usaha kecil dan menengah. Ketika kami memasuki sebuah negara, kami memiliki program untuk UKM yaitu program pemasaran dan edukasi seperti seminar,” lanjut Schmidt.

“Indonesia mungkin memiliki 50 juta UKM, saya tidak menyangka jumlahnya akan begitu besar. UKM inilah yang akan menjadi mesin untuk pertumbuhan ekonomi negara di masa depan,” tambah Schmidt lagi.

Pada kesempatan yang sama, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring. Google berencana membuka kantor dan menambah investasi mereka di Indonesia setelah berinvestasi sebesar USD57,5 miliar.

UKM dan Google Adwords

Bagi UKM sendiri google akan memperkuat produk pemasarannya yaitu Adwords. Seperti yang diberitakan Bisnis.com (31/05/2011), Perusahaan mitra Google bersertifikat bidang iklan di Indonesia, Dgtraffic, menyebutkan hingga kini pemasang iklan melalui aplikasi Google Adwords baru 20% dari usaha kecil dan menengan (UKM). Sudah ada 4.000 UKM di Indonesia yang tertarik dan mencari tahu penggunaan Google Adwords untuk pemasangan iklan produknya.

Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencarian.

Pengguna google yang telah mencapai 1 miliar pengguna di seluruh dunia, menempatkan mesin pencari google sebagai satu-satunya alternatif utama bagi pengguna internet saat ini. Strategi Google AdWords adalah dengan menargetkan keyword atau kata kunci pencarian. Jadi kita bisa menargetkan iklan kita keluar pada kata kunci tertentu. Sebagai contoh apabila seseorang ingin mengiklankan mengenai rental mobil, maka dia bisa menargetkan keyword “sewa mobil” pada Google AdWords dan kemudian iklannya akan muncul pada hasil pencarian ketika orang memasukkan keyword “sewa mobil”. (wikipedia)

Platform Google Adwords terbagi 2, yaitu :
Google Search, dimana iklan kita muncul pada mesin pencarian Google. Platform search ini berdasarkan text dan keyword.
Google Display Network, dimana iklan kita akan muncul pada situs-situs yang termasuk ke dalam jaringan Google Display Network. Yaitu situs-situs yang memasang Google Adsense pada situsnya. Platform Display Network ini berdasarkan text, image, flash maupun video.
Dengan melihat kegunaan program periklanan google ini, rasanya tujuan investasi yang uatama adalah untuk menyebarluaskan penggunaan Addword di kalangan UKM. Selain menguntungkan para pengusaha UKM juga mendatangkan pendapatan bagi google sendiri.

Bagaimana dengan sikap kita para pengguna internet saat ini ? Saya pribadi optimis dengan hadirnya google di indonesia dan menjalankan proyek investasinya, kita dapat memanfaatkan internet semaksimal mungkin khususnya untuk usaha online kita kedepan.

Dari berita di atas terbuka peluang baru bagi konsultan pemasaran untuk membuka usaha baru konsultasi pemasaran melalui mesin pencari atau biasa disebut dengan Search Engine Marketing untuk kalangan usaha kecil menengah maupun untuk usaha besar, Atau dapat juga membuka jasa pelayanan pasang iklan google adword dengan analis dan riset yang dapat dipercaya juga dapat meningkatkan penjualan atau mengakomodir kepentingan pemasaran bagi si pemasang iklan.
Newer Post Older Post Home

0 comments: