Segmentasi Is a Bullshit Communitization

By | 23:53 2 comments
Sekilas pandangan dari sebuah kata "memancing di kolam yang ikannya telah dikumpulin, lebih enak dari pada memancing di danau yang belum tentu ada ikannya", memang menggambarkan sebuah pasar yang diciptakan, sehingga menghasilkan calon pelanggan-pelanggan yang potensial.

di New Wave era atau sederhananya era internet, para pemasar diajarkan konsep bahwa segmentasi telah berubah dalam era pemasaran horizontal. Segmentasi yang sebelumnya ditentukan oleh perusahaan, kini komunitas dibuat oleh para kumpulan orang yang memiliki minat dalam suatu kegiatan atau hal yang sama.

Tapi apakah komunitas ini benar-benar tercipta dari hasil sekumpulan orang yang memiliki minat yang sama, atau hanya sebuah komunitas yang sengaja diciptakan oleh pemasar yang nantinya akan dijadikan sasaran empuk untuk dijadikan pelanggan untuk sebuah produk yang akan dilempar(dijual) pada komunitas tersebut.

Mata saya melihat, otak saya berfikir, dan hati saya merasakan. dari ketiga hal tersebut lahirlah tulisan-tulisan saya ini. Sekedar hasil dari ketiga proses tersebut. Pandangan saya adalah pandangan saya, saya tidak mengatakan bahwa hal ini benar atau salah. Karena tulisan ini keluar begitu saja, dengan melalui ketiga proses tersebut dan sekaligus menyadari bahwa manusia adalah makhluk yang berfikir, karena fenomena ini takkan terjadi pada dunia binatang maupun tumbuh-tumbuhan.
Newer Post Older Post Home

2 comments:

  1. mata saya melihat kalo komunitas2 sekarang sudah terinfeksi oleh 'pemasar' ... bahkan saling berebut

    ReplyDelete
  2. memang masih banyak sih komunitas yang asli tercipta memang karena semangat kebersamaan dan rasa ingin saling berbagi pada komunitas tersebut. tapi, untuk belakangan ini memang komunitas lebih dengan sengaja diciptakan terlebih dahulu walaupun belum ada anggotanya.

    ReplyDelete