Astra Adalah General Electric of Indonesia #15

By | 05:09 Leave a Comment
Philip Kotler menyebut Astra sebagai GE of Indonesia. Kenapa? Karena sama-sama konglomerat yang fokus jadi nomer satu atau nomer dua di Industri yang dimasuki.


Dalam survei yang dilakukan tim MarkPlus Insight ke para manajer investasi baik domestik dan internasional, mereka bilang bahwa “Astra is the real Blue Chip Company!” Laporan keuangannya pasti benar-benar BENAR. Tidak dibuat pakai dengan creative accounting. Semuanya transparan!

“Buy Astra stocks at anytime and save it in a long time. The Real Blue Chip !” Begitu juga dengan Customer di Commercial Market. Walaupun harga di Auto2000 tidak pernah dibanting,  tapi orang lebih sreg beli di situ. Begitu juga dengan United Tractor yang anak perusahaan Astra. Komatsu yang di ageni Astra itu hanya nomer satu di Jepang, negaranya sendiri dan Indonesia.

Secara umum, hal itu dikarenanakan orang-orang United Tractors memiliki semangat Astra, yakni Catur Dharma Astra.  Spirit terkenalnya, seperti menjadi aset bangsa, excellence, team work, dan respek pada orang benar-benar tercermin di tiga stakeholders utama, yakni Competency, Capital, dan Commercial Market.

Corporate Brand Astra sering dianggap sebagai manusia karena bisa berinteraksi secara personal dengan Customernya yang ber beda-beda itu. Karena itulah, sampai sekarang, baru ada satu perusahaan Indonesia di Museum Marketing 3.0 di Ubud, yaitu Astra International.
Newer Post Older Post Home

0 comments: