Selalu Mencintai Pelanggan dan Menghormati Pesaing #16

By | 05:29 Leave a Comment
“Target your customers, Kill your Competitors!” Itulah filosofi “Marketing Warfare” yang ditulis Al Ries dan Jack Trout! Marketing adalah perang untuk merebut Market Share. Dan, di dalam perang, Anda boleh melakukan apa saja!

Eh Nanti dulu, jangan di telan mentah-mentah pendapat tersebut. Karena banyak sekali kasus dalam dunia nyata yang dilakukan oleh sebuah usaha yang merekomendasikan sebuah produk kepada pesaingnya. Karena sesungguhnya pelanggan membutuhkan solusi, bukan hanya dibohong-bohongi dengan sbuah produk pengganti dengan kualitas yang buruk.

Untuk usaha skala kecil, Apabila pelanggan mencari sebuah produk A, tetapi di warung/toko kita tidak memilikinya dan hanya memiliki produk penggantinya, jangan ragu untuk merekomendasikan toko lain yang memiliki produk tersebut. Namun, jika kita memiliki keyakinan penuh bahwa produk pengganti tersebut sebenarnya memiliki kualitas yang terbaik dibandingkan dengan produk yang sedang ia cari, jangan ragu pula untuk merekomendasikannya.

Jangan takut kehilangan pelanggan, solusi dan kepercayaan yang anda dapatkan dari pelanggan, nantinya akan membuat pelanggan datang kembali untuk kasus kebutuhan yang lain dalam memperoleh solusi atas kebutuhan mereka.
Newer Post Older Post Home

0 comments: